Lucunya BNPT

Ngepet ngguyu! Itu lah hal yang saya lakukan saat membuka website Badan Nasional Penanggulangan Teroris. Saya sebenarnya bisa saja langsung ketawa tapi saya takut. Nanti saya disangka teroris karena ngetawain websitenya BNPT. Apalagi saya termasuk salah seorang pemelihara janggut, seperti personil band System of a Down. Ngeriii..

Inilah hal yang membuat saya ngepet ngguyu!

Logo Banner BNPT

Lihat! Ini website BNPT apa website Kementrian Agama Indonesia?

Baner di website BNPT ini memiliki background batik yang kemudian ditambahkan gambar  4 rumah ibadah dari agama berbeda dengan teknik ditransparankan. Menurut saya ini adalah salah satu bentuk desain yang dangkal makna.

Sederhananya, jika jualan bakso maka websitenya harus memberikan gambar bakso atau gerobaknya. Lha, ini website teroris kok  gambarnya rumah ibadah. Apakah teroris itu berasal dari sebuah ajaran agama. Padahal jelas di website itu ada running text yang berbunyi: “Terorisme Musuh Semua Agama”.  Benar-benar kontradiktif.

Sekarang coba kita telaaah definisi terorisme. Mengutip dari Wikipedia, saya mengambil definisi terorisme dari dua sumber. Menurut US Central Intelligence Agency (CIA), Terorisme Internasional adalah Terorisme yang dilakukan dengan dukungan pemerintah atau organisasi asing dan atau diarahkan untuk melawan negara, lembaga atau pemerintahan asing. Sedangkan menurut US Federal Bureau of Investigation (FBI),  Terorisme adalah penggunaan kekuasaan tidak sah atau kekerasan atas seseorang atau harta untuk mengintimidasi sebuah pemerintahan, penduduk sipil dan elemen-elemennya untuk mencapai tujuan-tujuan sosial atau politik .

Dari kedua definisi di atas, adakah definisi yang setidaknya nyerempet ke ranah agama? Memang sih di Indonesia banyak “teroris” yang berkedok agama. Tapi, untuk sekelas badan resmi milik pemerintah seharusnya mengembalikan segala sesuatunya ke asal. Sehingga bisa lebih umum.

Saya berbicara dari kaca mata desain grafis. BNPT, baik dari fungsi sebagai badan Negara dan baik dari definisi sangat jauh dari hal-hal yang berbau agama. Teroris itu bisa siapa saja, dari agama mana saja dan dengan motif yang beragam. Ada yang motif agama, ada yang motif ras, ada yang motif kekuasaan. Kesimpulannya, menurut saya baner BNPT wajib diganti.

Mungkin bisa seperti ini.

Baner BNPT BARU

 

Leave a Reply

