Para Penyuka Hujan

Tidak semua orang suka dengan hujan. Beberapa orang malah menggerutu jika hujan turun. Padahal hujan adalah berkah.  Saya teringat kata-kata teman saya sang penangkap air hujan. Beliau adalah pegiat lingkungan hidup yang sedang fokus menangkap air hujan dengan membuat banyak lubang biopori dan mengajarkan ke orang-orang di lingkungan dia.

Dia pernah bilang banyak orang mengeluh saat hujan turun karena ketakutan banjir melanda. Selain orang awam, aparat pemerintah juga sama. Kalo jakarta banjir pasti yang disalahkan curah hujan. Padahal menurut dia yang salah itu manusianya yang tidak bisa menggunakan air hujan dengan bijak. Well, sampai saat ini saya setuju dengan pendapat dia.

Berbeda lagi dengan sebagian orang yang saya panggil dengan sebutan para penyuka hujan. Mereka adalah orang yang senang dan mendapat kebahagiaan saat hujan turun. Buat saya, mereka, para penyuka hujan adalah orang diberikan Tuhan kenikmatan luar biasa.Saat hujan turun mereka akan dihinggapi sebuah perasaan yang sulit untuk dideskripsikan. Sebuah perasaan nyaman, tenang, relaks. Walopun diawal biasanya mereka juga mengeluh dalam hati tapi kelamaan mereka bisa menikmati hujan dengan relaks.

dsc_0796

Sehabis Hujan di Thirty Three Brew Surabaya

Selain perasaan yang hinggap, saat melihat titik air hujan jatuh membentur bumi atau saat melihat begitu banyaknya air yang turun di langit, ada semacam pikiran yang mengawang terbang.  Anehnya pikiran itu secara otomatis terset dalam kondisi yang menyenangkan dan menenangkan. Seruwet apapun masalah yang dihadapi,  saat hujan turun otak ini seolah enggan diajak berpikir keras dan njilmet.

Beberapa juga ada yang teringat masa lalu saat hujan turun. Ada beberapa orang yang beruntung mendapati momen-momen bahagianya selalu ditemani hujan. Belum lagi momen tersebut terselip sebuah soundtrack. Sehingga momen tersebut sangat melekat di pikiran. Momen itu tersimpan terus dan menunggu untuk di-callback saat hujan dan soundtrack itu berputar. Itu memang masa lalu namun tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa dibohongi bahwa saat itu lah kita sedang dalam kondisi paling nyaman dan paling bahagia. Gak heran kalo masa lalu itu tersimpan terus.

Dalam salah satu lagu musical Laskar Pelangi ada lirik seperti ini:

Hmmm.. aku suka sekali bau hujan

Mengapa bau hujan bisa wangi ya?

(sing)

Sumber bau harum dari minyak aksiri

Diproduksi tumbuhan kemudian diserap

Oleh bebatuan dan tanah lalu dilepas keudara

Pada saat hujan turun.. Oooh..

Hujan secara ilimiah memang membawa rasa nyaman. Makanya saya bilang beruntung orang yang bisa menikmati hujan. Artinya orang itu dipersilakan tuhan untuk menikmati karyanya yang ajaib. Tidak heran jika banyak artis yang memakai kata-kata hujan sebagai liriknya. Dan, semua lagunya yang memakai hujan sebagai tema adalah lagu yang memang cocok didengar saat hujan. Contohnya Efek Rumah Kaca menggunakan hujan dalam dua lagunya, Desember dan Hujan Jangan Marah. Hujan itu jika diibaratkan dengan bumbu adalah garam. Hujan memiliki pengaruh signifikan untuk setiap momen. Momen-momen yang kita lalui akan semakin terekam dan teringat ketika hujan turun.

dsc_0789

Selagi Hujan di Thirty Three Brew Soerabaja

Kembali, mereka para penyuka hujan biasanya akan memfokuskan melihat titik air saat menghantam bumi, atau saat titik air di jendela, atau jalanan yang basah. Mereka tidak melakukan apa-apa hanya melihat dan terdiam. Menikmati dan meresapi cuaca sejuknya, suara rintiknya, dan bau tanah yang tersiram air hujan. Menerawang tentang sesuatu yang tidak bisa diterjemahkan namun hanya bisa dirasakan, menenangkan…

*mohon maaf kalo alurnya agak ga jelas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s